Sandi(kotak1&2,Cermin,Ular)



1.    Sandi Kotak 1

sandi kotak 1
Sandi kotak 1 adalah sandi yang menggunakan simbol dari huruf-huruf yang terdapat dalam kolom berbentuk kotak dan belah ketupat. Dalam 1 kotak tersebut terdapat 2 huruf yang berurutan mulai dari A hingga R. Sedangkan dalam kelah ketupat terdapat huruf S hingga Z. Cara penulisannya yaitu berdasar urutan kotak maupun belah ketupat. Untuk penulisan huruf pertama yaitu dengan tanpa titik. Untuk huruf kedua ditambahi 1 titik didalamnya. Berikut adalah contoh dan gambaran sandi kotak.

2.    Sandi Kotak

SANDI KOTAK 2
Sandi kotak 2 adalah pengembangan dari sandi kotak 1 namun dengan hanya menggunakan kolom kotak saja, dan 1 kolom biasanya berisi 3 huruf. Penulisannya hampir sama, Namun untuk huruf ketiga ditambahi 2 titik. Berikut adalah contohnya.

3.    Sandi Cermin
Sandi Cermin adalah Sandi yang menggunakan penulisan kata yang dibalik sesuai dengan kata yang sebenarnya. Contoh Sandi cermin adalah sebagai berikut :
cermin


4.    Sandi Ular
Sandi Ular adalah sandi yang pembacaannya secara berkelok-kelok dari arah kiri atas kemudian ke kanan 1 huruf, lalu ke bawah dengan cara zigzag, dst. Berikut contohnya:
ular

Kata diatas dibaca SATYAKU KUDHARMAKAN DHARMAKU KUBAKTIKAN.





0 Response to "Sandi(kotak1&2,Cermin,Ular)"

Post a Comment